Mesin Mesin Box Dryer Padi

      4 Komentar pada Mesin Mesin Box Dryer Padi

Mesin Box Dryer padi sangat penting untuk petani diseluruh dunia khususnya diindonesia, sesuai dengan pidato presiden republik indonesia ir. Jokowidodo digedung IPB Bogor. Menjelaskan petani indonesia harus berkembang pesat mulai dari menanam padi, memanen padi dan memasarkan hasil panen padinya. Mutu dan produksi padi sangat dipengaruhi oleh penanganan panen dan pasca panen.

Panen harus dilakukan bila bulir padi sudah cukup dianggap masak. Panen yang kurang tepat dapat menurunkan kualitas dari gabah maupun beras.

Adapun tanda-tanda padi siap panen adalah : a. 95 % gabah sudah menguning dan daun bendera telah mengering b. Umur optimal malai 30 – 35 hari terhitung sejak hari sesudah berbunga (HSB) c. Kadar air berkisar 21 – 26 % d. Kerontokan gabah sekitar 16 – 30 % (Cara mengukurnya dengan meremas malai dengan tangan).

Pengeringan Gabah Kegiatan pengeringan merupakan salah satu kegiatan yang penting dalam usaha mempertahankan mutu gabah. Kadar air gabah yang baru dipanen berkisar antara 20 – 25 %, sehingga perlu diturunkan kadar airnya dengan cara pengeringan sampai gabah mencapai kadar air maksimum 14 %. Tujuan pengeringan adalah agar gabah tidak mudah rusak sewaktu disimpan, rendeman giling dan mutu tetap baik.

Untuk mencapai tujuan tersebut sebaiknya pengeringan dilakukan segera setelah pemanenan dan perontokan untuk mencegah butir kuning. Pengeringan gabah umumnya dilakukan dengan memanfaatkan panas sinar matahari, tetapi jika panen terjadi musim hujan disarankan menggunakan alat pengering buatan seperti mesin pengering (drayer) atau silo pengering.

Sebelum melakukan penjemuran dengan sinar matahari perlu diperhatikan bahwa tempat penjemuran bebas dari genangan air, terlindung dari gangguan unggas dan binatang lainnya. Setelah dijemur selesai (pukul 16.00) gabah dapat dimasukkan ke karung dan disimpan dalam ruangan jika volumenya tidak banyak. Namun jika volumenya besar gabah dapat dibiarkan di luar, tetapi harus ditumpuk dan ditutupi dengan plastic agar tidak terkena embun dan hujan.

Dengan cara penjemuran seperti ini selama 2 – 3 hari pada cuaca baik akan diperoleh gabah dengan kadar air kurang lebih 14 %. Penjemuran yang terlalu lama dapat berakibat gabah banyak yang pecah saat penggilingan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengeringan.

a. Pengeringan dilakukan sesegera mungkin setelah perontokan

b. Tempat pengeringan harus memperoleh penyinaran matahari serta bebas dari gangguan ayam atau unggas lainnya.

c. Jika kondisi cuaca tidak memungkinkan untuk penjemuran, gabah dapat dipanaskan pada ruangan di dalam rumah. Untuk menggantikan panas dapat digunakan lampu petromaks atau sumber panas yang lain. Tebal hamparannya antara 2 – 3 cm dan pembalikan juga harus tetap dilakukan.

Penyimpanan Gabah Tujuan penyimpanan adalah untuk memperpanjang masa penyediaan bahan pangan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penyimpanan adalah :

a. Gabah yang disimpan dengan kadar air maksimum 14 % bersih dari kotoran, gabah hampa maksimal 3 %.

b. Menggunakan wadah karung yang bersih dan bebas hama.

c. Gudang atau lumbung penyimpanan diusahakan agar dibangun memanjang dari arah timur barat. Untuk menghindari luasnya dinding yang terkena sinar matahari terlalu lama, sehingga gudang cukup sejuk.

d. Gudang atau lumbung harus dibersihkan dari hama gudang dan disemprot dengan insektisida yang telah dianjurkan, termasuk dari serangan tikus. e. Sirkulasi udara cukup baik guna menjaga kelembaban dan suhu yang seragam. 

Gudang tempat penyimpanan sebaiknya berlantai semen, kering serta diberi alas kayu dengan ketinggian kira-kira 15 cm. Jadi karung tempat gabah tidak akan bersentuhan langsung dengan lantai, dan peredaranudara dibawah karung dapat berlangsung dengan baik.

Gudangpun harus memiliki lubang udara yang cukup, sedangkan gabah yang akan digunakan sebagai benih harus dipilih yang benar-benar baik. Mesin Box Dryer Kadar air perlu diturunkan lagi menjadi 11 % dengan cara dijemur lagi satu hari.

Kemudian gabah dimasukkan ke dalam kantong-kantong plastic dengan ukuran kecil dan kantong ini dimasukkan ke dalam blek atau kaleng, dan ditutup sampai kedap udara menggunakan lilin. Sedangkan penyimpanan beras sebelum dikonsumsi atau dijual, beras disimpan dalam jangka waktu tertentu.

Penyimpanan dengan teknik yang baik dapat memperpanjang daya simpan dan pencegahan kerusakan beras. Penyimpanan beras umumnya menggunakan pengemas, yang berfungsi sebagai wadah untuk melindungi beras dari kontaminasi, dan mempermudah dalam pengangkutan.

Penyimpanan yang terbuat dari polietilen densitas tinggi memperpanjang daya simpan beras dan lebih baik dibanding karung dan kantong plastik. harga dan spesifikasi mesin box dryer berbeda-beda.

 

4 thoughts on “Mesin Mesin Box Dryer Padi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *